• Baca Berita
  • Berita Rilis :   2017-02-27

    Mahasiswa Cinta Alam, Tanam 1000 Mangrove di Pantai Trisik

    Mahasiswa Cinta Alam Tanam 1000 Mangrove di Pantai Trisik

    Melalui program kerja dari Himpunan Mahasiswa Managemen (HIMAMA) yang bekerja sama dengan Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) Universitas Muhammadiyah Yogyakarta, sekitar ±80 orang melakukan kegiatan penanaman pohon mangrove di daerah pesisir Pantai Trisik, Minggu 26 Februari 2017.

    Kegiatan ini dimulai dengan acara pembukaan terlebih dahulu, dilanjutkan dengan penyanyian lagu Indonesia Raya, Kalam Ilahi serta sambutan-sambutan. Sebelum acara penanaman pohon mangrove dilakukan, para peserta kegiatan diberikan pembekalan terlebih dahulu tentang apa itu pohon mangrove, jenis-jenis pohon mangrove serta bagaimana cara menanamnya.

    Ketua panitia pelaksana kegiatan mengatakan, rencananya ada 1000 pohon mangrove yang akan ditanam di tempat yang berbeda-beda. Pada kegiatan penanaman kali ini ada sekitar ±250 pohon yang akan di tanam terdiri dari pohon jenis mangrove 150 pohon, dan pohon jenis cemara 100 pohon.

    Kegiatan kemahasiswaan ini melibatkan beberapa elemen penting masyarakat sekitar daerah pesisir pantai trisik dan juga kegiatan ini di dukung penuh oleh Bapak Dr. Ir. Gunawan Dudiyanto, M.P (Rektor UMY) serta pula di dukung oleh Komunitas Pemerhati Mangrove.

    Sumber : http://citizen6.liputan6.com/

    Tujuan dari penanaman pohon ini tidak lain adalah untuk menjaga ekosistem wilayah pantai agar dapat menahan terjadinya potensi abrasi, selain itu dapat mengubah prilaku masyarakat agar lebih dapat perduli lagi dengan lingkungan. Kegiatan penanaman pohon ini adalah agenda rutin yang dilaksanakan oleh HIMAMA dan BEM Universitas Muhammadiyah Yogyakarta, Sebelumnya kegiatan ini pernah dilakukan di bantaran sungai Bogowonto.